--> Skip to main content

Cara Mengembalikan File Yang Terhapus di Flashdisk / Micro SD Hp Android

Tips belajar komputer kali ini akan mengulas cara mengembalikan file yang terhapus di flashdisk, baik secara manual maupun dengan software. Kehilangan file data berharga di flash karena virus atau sengaja terhapus itu membuat kita bingung, bagaimana cara mengembalikan file? Namun, Anda tidak perlu khawatir, Anda bisa mencoba cara yang saya lakukan untuk mengembalikan file yang telah dihapus di flash / micro sd

Cara mengembalikan file yang dihapus secara manual dilakukan dengan menggunakan program komputer yaitu cmd (salah satu program windows yaitu Command Prompt) atau bisa menggunakan restore previous session. Sedangkan cara mengembalikan file yang terhapus dengan software menggunakan program PC Inspector File Recovery. Tinjau kembali bagaimana saya akan menjelaskannya di bawah ini, jadi mohon baca artikel berikut dengan saksama:

Cara Mengembalikan File Yang Terhapus di Flashdisk / micro sd

Cek Flashdisk, Apakah file terhapus karena virus atau bukan?

Sebelum melakukan pengembalian file yang terhapus, kita harus mengecek apakah file yang ada di flashdisk kita terhapus karena virusnya atau tidak. Lakukan langkah-langkah berikut:

  1. Klik program Windows Explorer atau dengan tombol Windows+E ada keyboard
  2. Pilih drive dimana flashdisk kita berada, misal di drive F:namaflashdisk, kemudian klik kanan - Pilih properties. 
  3. Jika pada tab properties used spaces nya tidak 0 (nol), berarti file di dalam flashdisk hilang karena virus.

Cara Mengembalikan File Yang Terhapus / Tersembunyi dengan Hidden Files and folders

Begitu kita tahu flashdisk kita terkena virus atau tidak, maka langkah selanjutnya adalah mengecek file di flashdisk yang kita sembunyikan / hilang saja. Kita bisa menggunakan tools yang sudah ada di windows yaitu hidden file dan folder pada folder dan menu search options.

  1. Masih di tampilan layar windows explorer, jika sudah keluar, tekan saja langsung tombol Windows+E pada keyboard.

  2. Cara Mengembalikan File Yang hilang

  3. Klik menu Tab Organize - Pilih Folder and Search Options 
Cara Mengembalikan File Yang Terhapus di Flashdisk

3. Setelah muncul menu bar, Klik Tab View - Klik Show hidden files, folders, 
4. Sekarang anda bisa melihat di flashdisk anda, file dan folder yang terhapus/hilang mungkin sudah muncul kembali, jika masih belum muncul, anda bisa mencoba cara berikutnya dibawah ini.

Cara Mengembalikan File Yang Terhapus di Flashdisk dengan Command Prompt (CMD)

Cara alternatif lain untuk mengembalikan file yang terhapus / hilang adalah dengan menggunakan CMD. Ikuti tutorial di bawah ini:
  1. Klik Start - Ketik di Search programs and files "cmd" (tanpa tanda petik) - Pilih Programs cmdCara Mengembalikan File Yang Terhapus dengan cmd
  2. Muncul tampilan C:\windows\system32\cmd.exe - Ketik CD.. - Kemudian enter
  3. Ketikkan alamat drive flashdisk anda berada, misal di F, maka ketik F: , hasilnya C:\Users>F: - Tekan enter
  4. Ketik ATTRIB *.* -S -H -R /S /D kemudian tekan enter,maka hasilnya sebagai berikut :Cara Mengembalikan File Yang Terhapus
  5. File dan folders anda yang tersembunyi/hilang sudah muncul kembali

Cara Mengembalikan File Yang Terhapus dengan CTRL+Z

Cara cepat dan praktis untuk mengembalikan file yang terhapus dengan ctrl + z hanya butuh beberapa detik. Jadi, misalnya sengaja menghapus file anda dan anda merasa bingung harus mencari di mana? Nah, biasanya file yang terhapus tidak permanen hanya dengan menekan tombol hapus, maka file yang terhapus ada di Recycle Bin. Cara mengembalikannya, ada 2 cara cepat:

  1. Klik program Recycle Bin - Pilih files/folders yang terhapus - Klik restore this item
  2. Cara Mengembalikan File Yang Terhapus di recycle binCara Mengembalikan File Yang Terhapus di recycle bin
  3. Cara lainnya yakni setelah file anda terhapus secara sengaja atau tidak sengaja, langsung Klik ctrl+z. Dijamin file pasti langsung kembali. Jika belum kembali, lakukan cara diatas.

Cara Mengembalikan File Yang Terhapus Permanen

Cara mengembalikan file yang dihapus secara permanen dengan perangkat lunak PC Inspector File Recovery. Aplikasi ini gratis dan mudah digunakan. Langkah-langkahnya adalah sebagai berikut:

  1. Download aplikasinya terlebih dahulu disini : PC Inspector File Recovery cari di playstore
  2. Jika sudah di download, jalankan aplikasinya. Pilih Recovery Deleted Files - Kemudian pilih drive yang ingin di eksplorasi, misal di flashdisk, maka pilih F:namaflashdisk. - Kemudian centang warna hijau
  3. Tunggu sampai proses scanning selesai, jika file dalam status Good, maka memungkinkan untuk dikembalikan.
  4. Setelah pilih file yang ingin di restore - Klik Kanan - Save to ....
  5. Tunggu sampai proses restoring selesai
Begitulah ulasan panduan komputer tentang cara mengembalikan file yang terhapus di flashdisk dengan berbagai cara, baik manual maupun dengan software. Jika ada cara lain yang lebih baik dan lebih cepat untuk mengembalikan file yang dihapus, mohon komentar di bawah ini untuk membantu kami menambahkan artikel ini. Tidak semua artikel ini berasal dari penulis, kebanyakan dari internet dan pengalaman pribadi. Semoga info ini bermanfaat bagi anda yang bingung karena file / foldernya terhapus. Salam IT
Mungkin Anda Suka
Buka Komentar
Tutup Komentar