--> Skip to main content

Tutorial Lengkap Cara Transfer File dari/ke Flashdisk di Android Menggunakan USB OTG

Tutorial Lengkap Cara Transfer File dari/ke Flashdisk di Android Menggunakan USB OTG - Flashdisk adalah salah satu perangkat penyimpanan data yang bisa dibawa kemana saja (portable). Kita juga bisa menggunakan harddisk eksternal dalam fungsi yang sama namun ukuran harddisk tidak sekecil flash sehingga lebih mudah jika isi di tas. Penggunaan lampu kilat antara lain bisa di pasang di komputer, speaker, dan semua perangkat USB yang didukung. Hampir semua kelas smarphone android mendapat dukungan dalam melakukan transfer dengan flash. Memang tidak ada flash plug (port usb) di smarphone tapi untuk koneksi kita harus menyediakan kabel USB OTG. Di pasaran (toko komputer) harganya cukup terjangankau sekitar 25-30 ribu rupiah per kabel dengan panjang hanya sekitar 10 cm dan dengan warna yang bervariasi. Kabel ini berfungsi sebagai konektor (konektor) antara kabel data port / charge smarphone dengan port USB.

Sebelum Mentransfer File dari / ke Flashdisk di Android Menggunakan USB OTG, penting bagi kita untuk memastikan apakah smartphone atau OS memiliki dukungan kabel OTG. Karena di beberapa merk HP masih ada yang belum support, sama seperti smartphone OS di bawah Android versi 4. Akan lebih baik lagi sebelum membeli kabel USB OTG, kita melakukan tes terlebih dahulu di toko komputer tempat kita beli agar tidak sia-sia. Waktu untuk melakukan pengembalian dana Nah ada kasus lain, merek smartphone dan OS sudah support, namun di OS tidak ada File Manager. Untuk itu, ikuti langkah-langkah di bawah ini untuk mengatasi masalah smartphone yang tidak memiliki pengelola file untuk mentransfer melalui flashdisk:

Cara Transfer File dari/ke Flashdisk di Android Menggunakan USB OTG


Langkah 1:

Cara Transfer File dari/ke Flashdisk di Android Menggunakan USB OTG
Pertama-tama silahkan kalian hubungkan flashdisk dan smarphone melalui kabel OTG. 

Langkah 2:

Cara OTG support di Android
Lalu kalian cari di playstore aplikasi ES File Explorer File Manager. Kemudian instal lalu jalankan.

Langkah 3:


Mengatasi kabel USB OTG tidak support di Android
Buka File Manager ES File Manager, maka Anda akan melihat 3 jenis penyimpanan yaitu penyimpanan telepon, kartu memori, dan USB. Karena itu plastisitasnya, silahkan lakukan Transfer File dari / ke Flashdisk di Android seperti biasa. Saya harap ini membantu!
Mungkin Anda Suka
Buka Komentar
Tutup Komentar